License

website value

Keblinger

Keblinger

Jumat, 16 Desember 2011

Tutorial Screenshot Halaman Web Secara Utuh Dan Sempurna



Seorang blogger atau web master biasanya memerlukan gambar untuk ditampilkan di tulisannya, untuk mengambil gambar tampilan dalam layar monitor dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Print Screen SysRq yang ada pada keyboard atau menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Print Screen SysRq. Namun cara ini memiliki banyak kekurangan, diantaranya tidak dapat mengambil gambar secara utuh. Berikut ada beberapa tips untuk memudahkan anda untuk mengambil screenshot dengan mudah.


Webpage Screenshot (Extension Google Chrome)
Pilih customize and control google chrome -- tolls -- extensions -- get more extensios-- pada  kotak search dikanan atas dan ketik kata “Screenshot” maka akan muncul pilihanSearch results for "screenshot" in Extensions pilih Webpage Schreenshot kemudian instal. Selain dapat mengambil halaman web page secara utuh namun juga dapat anda edit tulisan di web page tersebut secara langsung. Anda dapat mengklik icon camera pada browser untuk mengambil screenshot. Contoh pada website ini saya ganti “Beranda menjadi Bercanda” dan “Tentang Kami menjadi Tentang Kita”. Perhatikan gambar dibawah ini.

Screenshot Pimp (Add-ons Mozilla Firefox)
Bagi anda pengguna mozilla dapat menambahkan add-ons, pada kotak search add-ons ketik “screenshot pimp” setelah ketemu kemudian instal. Add-ons ini hanya dapat mengambil web page secara penuh, namun tidak dapat edit tulisan secara langsung di web page seperti extension chrome. Anda dapat mengklik icon camera pada browser untuk mengambil screenshot.

Screenshot Studio (Aplication)
Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat mengambil gambar yang tampil di layar maupun web page. Dapat diedit seperti menggunakan photoshop melalui menu editor sedangkan melalui dua cara diatas tidak dapat melakukannya. Anda dapat men downloadnya disini.
Hasil screenshot menggunakan aplikasi ini.


Dari ke tiga cara diatas masing-masing memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing, jadi alangkah baiknya anda menggunakan ke tiganya sesuai kebutuhan anda.

sumber : http://komputerblog.com 

Caranya:
Untuk mencari ekstension tersebut, search saja “awesome screenshot”

pilih awesome screenshot

klik install

tunggu hingga download ekstension selesai

lalu install

***

Meng-Capture seluruh halaman web dengan Awesome Screenshot di Google Chrome:

Untuk menggunakannya, kunjungi website yang ingin di-capture lalu klik tombol “Awesome Screenshot” dan pilih Capture Entire Page (perhatikan di bagian kanan atas)


Hasil nya menjadi seperti ini

***

Penggunaan tool untuk mengedit screenshot halaman web pada Awesome Screenshot:

  • Crop (Crop a portion of the screenshot) -> lo bisa memilih sebagian saja dari satu halaman yang ingin disimpan
  • Rectangle
  • Ellipse
  • Arrow
  • Line
  • Free Line -> garis tangan sesuka lo
  • Blur
  • Text
  • Color Picker -> pilih warna untuk Text
  • Undo -> bermanfaat banget, saat lo salah edit
Contoh hasil penggunaan awesome screenshot dengan tool Crop, Rectangle, dan Text: (KLIK GAMBAR untuk memperbesar)

0 komentar:

Posting Komentar