License

website value

Keblinger

Keblinger

Jumat, 23 Desember 2011

Streaming Ke Server Shoutcast Menggunakan Winamp


Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Membuat Streaming radio Online Gratis nah kali ini saya akan membahas cara menjalankan radio streaming dari sisi client, kali ini saya akan membahas cara streaming ke server shoutcast dengan menggunakan winamp versi 5 keatas. Plugin yang digunakan untuk winamp adalah plugin Shoutcast DSP dengan plugin ini kita bisa membuat winamp kita mengirmkan file ke server shoutcast yang sudah kita buat sebelumnya. langsung saja kita ke step by step nya.
  1. Pertama silahkan download Plugin . Shoutcast DSP untuk winamp dibawah ini .
    setup Streaming ke server Shoutcast menggunakan Winampdownload: Shoutcast Plugin ()
    added: 23/12/2010
    clicks: 766
    description: Shoutcast DSP Plugin untuk winamp 
  2. Setalah di download silahkan jalankan aplikasi Winamp anda kemudian klik Options >> Preferences maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini. 1 Streaming ke server Shoutcast menggunakan Winamp
    Pada menu sebelah kiri silahkan klik DSP/Effect dan sebelah kanannya pilih “Nullsoft SHOUTcast Source DSP” kemudian klik close
  3. Langkah selanjutnya adalah konfigurasi pluginnya. tampilan plugin seperti gambar dibawah ini : 2 Streaming ke server Shoutcast menggunakan Winamp
    Pertama kali pilih Tab menu Output Pilih Output 1 , pada Textbok Address masukan alamat IP address server shoutcast kita. kemudian diisi juga Port dan password sesuai dengan settingan server yang kita dapatkan waktu kita membuat server shoutcast. Kemudian selanjutnya Klik tombol Yellowpages silahkan masukan settingan judul radio, Url jenis musik dll.
  4. Langkah selanjutnya Klik Tab menu Encoder kemudian tentukan encoder type pastikan pilih Mp3 dan tentukan juga Encoder Settings Settingan ini akan mempengaruhi kecepatan streaming dan kualitas suara yang dihasilkan nantinya untuk standard pilih saja 128Kbps .
  5. Selanjutnya Klik Tab menu Input disini akan di tentukan sumber suara yang akan dibroadcast nantinya apakah input nya dari winamp player kita atau dari line in komputer kita. silahkan pilih yang winamp.
Selesai sudah tahap pengaturan plugin Shoutcast pada winamp Untuk konek ke server Shoutcast silahkan Klik Tab menu Output kemudian klik Connect. sekarang kita sudah punya radio online. selamat mencoba mudah-mudahan bermamfaat.

0 komentar:

Posting Komentar