License

website value

Keblinger

Keblinger

Jumat, 23 Maret 2012

Tips Jitu Menghemat Energi Komputer

menghemat energi komputer

Ada yang beranggapan tidak mematikan komputer akan menghemat energi. Yang benar komputer dirancang untuk menghadapi siklus mati-hidup (on-off) 40 ribu kali. Bila dipakai secara normal, maka sebuah komputer bisa bertahan selama lima hingga tujuh tahun. Bila dimatikan pada waktunya, kita justru menghemat energi dan memperpanjang usia komputer.
Ada juga yang beranggapan penghemat layar (screen saver) itu hemat energi. Faktanya screen saver dirancang untuk membantu memperpanjang usia monitor monokrom. Sedangkan kini kebanyakan monitor menggunakan teknologi obsolete. Selain itu screen saver dapat menghemat energi hanya jika kita mematikan layar atau pada laptop, mematikan backlight.
Anggapan salah lain, komputer yang menyala terus menerus lebih hemat energiketimbang dimatikan. Faktanya energi yang dibutuhkan untuk melakukan booting jauh lebih sedikit dibandingkan energi yang dibutuhkan komputer untuk menyala lebih dari tiga menit.
Semoga beberapa pembenaran dari anggapan tersebut bisa berguna dan membuat kita lebih cerdas menghemat energi komputer. Simak juga berbagai tips lain mengenai komputer dan teknologi di blog ini yang tentunya tidak kalah berguna.

0 komentar:

Posting Komentar